Kamis, 04 Januari 2024

 PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA 

REFLEKSI AKSI NYATA TOPIK 2


Oleh:

NOVIRA EKA WULANDARI

NIM. 250211105772


Mulai dari Diri

Pada alur pembelajaran mulai dari diri yang saya pikirkan adalah konsep dasar perspektif sosiokultural  merupakan konsep-konsep dasar yang akan mengajarkan saya tentang cara melihat berbagai macam latar belakang peserta didik, baik sosial, budaya, ekonomi, dan politik serta masalah yang akan dihadapi nantinya ketika sudah menjadi guru sesungguhnya. Dengan demikian, saya dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Eksplorasi Konsep

Dalam eksplorasi konsep, saya belajar mengenai SES (Sosio Economic Status) yang merupakan salah satu faktor penentu hasil belajar peserta didik. Selain itu, saya juga belajar bahwa SES akan berpengaruh juga pada interaksi sosial, akses, dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Ruang Kolaborasi

Dalam ruang kolaborasi saya belajar mengenai pentingnya pengaruh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik terhadap pendidikan dan pembelajaran berdasarkan 3 cerita dari 2 buku yang telah ditugaskan. Dari cerita-cerita tersebut dapat diketahui bahwa faktor-faktor tersebut saling berkaitan dan terdapat cara guru pada masing-masing cerita dalam mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam caranya mengajar. Selain itu, saya juga bisa mengetahui cara lain yang dapat saya lakukan selain yang telah dilakukan guru dalam cerita. Hal ini juga dapat melatih saya menjadi guru yang bisa mengatasi masalah serupa.

Demonstrasi Kontekstual

Dalam demonstrasi kontekstual, saya mengetahui berbagai pendapat teman-teman mengenai buku-buku yang telah dibaca atau permasalahan yang sedang didiskusikan. Dengan demikian, saya  bisa mendapatkan banyak pandangan dan ilmu untuk bekal saya nantinya.

Elaborasi Pemahaman

Dalam elaborasi pemahaman, saya belajar mengenai pentingnya faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Faktor-faktor tersebut sangat berkaitan dan sistem pendidikan nasional harus dilandasi dengan adanya pemahaman mengenai keragaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman tersebut. Dengan adanya dukungan yang baik dari faktor-faktor tersebut, maka penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran juga akan baik. Hal ini juga akan berdampak pada perkembangan mutu pendidikan di Indonesia. Perspektif sosiokultural membantu menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, menyenangkan, dan memotivasi peserta didik untuk mencapai potensi terbaik mereka. 

 

Koneksi Antar Materi

Mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia ini memiliki keterkaitan dengan beberapa mata kuliah lainnya seperti mata kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia yaitu Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dari dahulu hingga sekarang yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik sehingga guru harus menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan latar belakang yang dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini juga berkaitan dengan mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I di SD dan Menengah. Kaitannya adalah guru dapat merancang pembelajaran dengan berpedoman pada perbedaan latar belakang peserta didik. Hal ini sangat penting agar tercipta pembelajaran yang efektif. Tidak hanya itu, kaitannya dengan Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajaran adalah peserta didik memiliki latar belakang sosial, budaya, ekonomi dan politik yang berbeda-beda sehingga guru harus memahami karakter peserta didik dengan baik supaya dapat mengembangkan potensi peserta didik.

Selain itu, koneksi antarmateri dalam mata kuliah ini adalah adanya paham multikulturalisme dalam pendidikan sehingga tercipta lingkungan yang inklusif. Tujuan dari pendekatan perspektif sosiokultural adalah sebagai alat psikologis dan mediasi, menciptakan pembelajaran yang bermakana, dan adanya sikap saling menghargai terhadap segala perbedaan.

 Aksi Nyata

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru adalah lebih semangat untuk menjadi guru profesional. Selain itu, saya dapat memiliki pandangan dan ilmu dalam menyiapkan diri untuk menghadapi berbagai perbedaan sosial, budaya,ekonomi dan politik di dalam kelas nantinya. Hal ini sangat penting untuk bekal saya. Saya menilai kesiapan diri saya saat ini 8/10. Hal ini dikarenakan saya masih harus belajar, khususnya di bangku perkuliahan Pendidikan Profesi Guru semester 1 dan masih berada di topik 2. Oleh karena itu, saya masih kurang ilmu dalam hal tersebut. Saya juga harus banyak diskusi dengan guru-guru lain yang sudah berpengalaman agar saya bisa mendapatkan banyak ilmu dan pandangan nantinya. Yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal adalah dengan menguasai materi yang akan diajarkan agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik. Selain itu, saya juga akan selalu belajar menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk bisa mengakomodasi segala perbedaan peserta didik. Hal ini sangat penting untuk dapat mengembangkan berbagai potensi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOPIK 6 : Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik

    PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA AKSI NYATA TOPIK 6   Oleh: Novira Eka Wulandari, S.Pd. NIM. 250211105772     Mulai d...